Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik

  • Ni Made Ayu Sukma Dewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Ardana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Phill I Gusti Putu Sudiarta Universitas Pendidikan Ganesha
Keywords: Media Pembelajaran, pembelajaran berdiferensiasi, Hasil Belajar

Abstract

Hasil belajar matematika peserta didik di SMK Negeri 5 Denpasar saat ini masih tergolong rendah, salah satu penyebabnya adalah kurangnya minat dan motivasi belajar peserta didik. Ada peserta didik yang memiliki gaya belajar visual (belajar melalui indera penglihatannya), gaya belajar auditori (belajar melalui indera pendengaran) dan gaya belajar kinestetik (belajar melalui pengalaman langsung). Ketiga jenis media tersebut disiapkan secara bersamaan untuk satu Kompetensi Dasar yaitu peluang suatu kejadian, sehingga peserta didik dapat memilih sendiri media pembelajaran yang cocok dengan gaya belajar masing-masing. Kualitas media pembelajaran yang dikembangkan diukur berdasarkan validitas, kepraktisan dan efektifitasnya dalam meningkatkan hasil belajar baik dalam ranah kognitif (pengetahuan), ranah afektif (aktivitas dan motivasi belajar) serta ranah psikomotorik (keterampilan). Memenuhi syarat validitas isi berarti media pembelajaran telah sesuai dengan prosedur pengembangan Plomp dan karakteristik pembelajaran berdiferensiasi. Untuk validitas konstruk dinilai oleh dua orang pakar media pembelajaran dengan kategori sangat valid karena skor rata-rata berada pada rentang  Untuk tingkat kepraktisan penggunaan media pembelajaran berdasarkan angket respon peserta didik dan pendidik memiliki kategori praktis karena skor rata-rata berada pada rentang . Tingkat efektifitas media dalam ranah kognitif yaitu 67,25 dengan kategori sangat baik, ranah afektif dengan rata-rata skor aktivitas peserta didik 3,51 dengan kategori sangat aktif dan ranah psikomotorik ketuntasan klasikal peserta didik sebesar 90%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S, 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi, 2011. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Ahmad d, Rohani, 1997. Media Instruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta
Amiroh, 2020. Mahir Membuat Media Interaktif. Yogyakarta: Pustaka Ananda Srva
Arief S sadiaman, dkk. Media, Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Pustekom Dikbud dan PT Raja Grafindo Persada
Azar, Arsyad, 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Bagus Adi Saputro, 2016. Learning Media Development Approach With A Rectangle Problem Posing Based Geogebra. Journal of Mathematic Education Volume 5, No 2 September 2016
Borg and Gall. Educational Research: Introduction. Second Edition. New York: David McKay Company Inc
Budiyono, Saputro, 2016. Manajemen Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) Bagi Penyusun Tesis dan Disertasi. Yogyakarta: Aswaja Presindo
Deni Darmawan, 2017. Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Hamzah B. Uno, Nina Lamatenggo, 2014. Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara
Hujair, AH Saniky, 2015. Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif, Buku Bacaan Wajib Guru, Dosen dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara
Nashar, Drs, 2004. Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Pembelajaran. Jakarta: Delia Press
Nieveen, N, 1999. Prototyping to Reach Product Quality. Jan Van den Akker, Robert Maribe Braneh, Ken Gustafson and Tjeerd Plomp (Ed). London: Kluwer Academic Publisher
Nieveen, 2010. Formative Evaluation in Educational Design Research. Dalam An Introduction to Educational Research. Enschede, Netherland: National Institute for Curriculum Development
Marlina, 2019. Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. Yogyakarta
Munir, 2015. Multimedia. Konsep dan Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Nana Sudiana dan Ahmad Rivai, 1991. Media Pengajaran (Penggunaan dan Pembuatannya. Bandung: CV Sinar Baru
Oscarina Dewi Kusuma dan Siti Luthfah. Praktik Belajar Yang Berpihak Pada Murid: Memenuhi Kebutuhan Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. Modul Diklat CGP
Plomp, Tj, 1997. Educational Design: Introduction. From Tjeerd Plomp (eds). Educational & Tranning System Design: Introduction. Design of Education and Tranning (in Dutch). Utrecht (the Netherland): Lemma Netherland. Faculty of Educational Science and Technology, University of Twente
Plomp, Tj & Wolde, J van den. 1992. The General Model for Systematical Problem Solving. From Tjreed Plomp (Eds). Design of Educational and Tranning (in Dutch). Ultrecht (The Netherland): Lemma. Netherland. Faculty of Educational Science and Technology, University of Twente. Enshede the Netherland
Rahmat Effendi Teguh, dkk, 2020. Modul 11: Pembuatan Multimedia Interaktif. Jakarta: Pusat Data dan Teknologi Informasi
Rica Wijayanti, Buaddin Hasan, Rishi Kumar Loganathan, 2018. Media Comic Math Berbasis Whiteborad Animation dalam Pelajaran Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika 5(1) 2018:53-63
Rochmad, 2012. Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Jurnal Kreano vol 3(1)
Rumainur, 2016. Tesis: Pengembangan Media Ajar Berbasis Multimedia Autoplay Studio 8 dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas XI MA Bilingual Batu Malang. Universitas Islam Negeri Malik Ibrahim Batu Malang.
Ryan Angga Pratama, 2018. Albarik: Tutorial Gambar dan Grafik. Journal Mathematic Educational
S. Nasution, 1987. Teknologi Pendidikan. Bandung: CV Jemmar
Saidun Anwar, dkk, 2019. Developing an Interactive Mathematic Multimedia Learning Based on Inspiring Presenter in Increasing Student’s Interest in Learning Mathematics. Jurnal Pendidikan Matematika vol 10, No 1 2019, Hal 135-150
Sardiman, AM, 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Seels, B.B & Richey, R.C, 1994. Instructional Technology: The Definition and Domains of the fields. (Terjemahan Yusuf Hadi Miarso, Dewi S Prawiradilaga & Raphael Raharjo). IPTPI. Unit Percetakan UNJ
Sony Ronny Muntu, 2017. Tesis: Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web pada mata pelajaran Simulasi Digital Kelas X di SMK. Universitas Negeri Malang
Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujadi, 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Suyono dan Hariyanto, 2017. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Taufan Anwari, Ali Sodiqin dan Andi Priyolistiono, 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Andorid pada Pemrograman Dasar Pascal. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. Vol 4(1) pp 123-124
Triana Kustiati, 2020. Tesis: Pengembangan Media Pembelajaran dengan Multimedia Interaktif Mata Pelajaran IPA Kelas IX di SMP. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Yogyakarta
Published
2023-05-25
How to Cite
Dewi, N. M. A. S., Ardana, I. M., & Sudiarta, P. I. G. P. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 547-560. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i1.302