Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VII.2 dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila melalui Penggunaan Media Quizizz Paper Mode di-SMPN 33 Palembang

  • Imroatun Khasanah Universitas Sriwijaya Palembang
  • Nyimas Nuria Hasna Anggraeni SMPN 33 Palembang
  • Umi Chotimah Universitas Sriwijaya Palembang
Keywords: Motivasi Belajar, Quizizz Paper Mode, Pendidikan Pancasila

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar peserta didik kelas VII.2 dalam pembelajaran pendidikan pancasila melalui penggunaan media Quizizz Paper Mode di-SMPN 33 Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan selama tiga siklus dengan subjek penelitian seluruh peserta didik  kelas VII.2 SMPN 33 Palembang dengan 32 orang peserta didik yang terdiri atas 19 Laki-laki dan 13 Perempuan pada materi Bab VI yaitu Bekerja Sama dan Begotong Royong di mana dalam tiga siklus yang dilaksankan ketiganya melakukan tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini di observasi oleh tiga observer yang hasilnya di analisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media Quizizz Paper Mode dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VII.2 SMPN 33 Palembang hal tersebut dapat dilihat pada kegiatan pra siklus dengan motivasi belajar peserta didik sebesar 47% meningkat pada siklus 1 menjadi 67%, siklus 2 77% dan siklus 3 86% yang berarti media pembelajaran Quizizz Paper Mode dapat meningkakan motivasi belajar peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amriani. (2018). Pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran pai siswa sd inp lasepang kecamatan bantaeng kabupaten bantaeng. Repositori UIN Alauddin Makassar. Doi: http://dx.doi.org/10.24014/an-nida.v37i1.309
Asfar, T.I., et al. (2020). Landasan pendidikan: hakikat dan tujuan pendidikan (foundation of education: essence and educational objectives). DOI: 10.13140/RG.2.2.22158.10566
Bafadal, F.M., Alimah, Siti., & Sibawaeh, M. (2019). Pemanfaatan media permaianan spinning wheel untuk meningkatkan kemampuan menggunakan modal auxiliary verbs pada siswa kelas viii smpn 7 mataram tahun pelajaran 2019-2020. Jurnal Pengajaran Linguistik dan Bahasa Inggris. Vol. 7 No. 2. 1-10.
Bastian, Ade. (2019). Pengembangan media learning game al-qur’an berbasis multimedia interaktif. INFOTECH Journal, 5(2):29–33.
Fitria, A.S., Imani, H.A.S., Pratama, A.F., & Hajron, H.K. (2022). Meningkatkan pemahaman konsep siswa dalam materi aksara jawa dengan menggunakan media pembelajaran spin game. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, Volume 3, 1153-1165. ISSN: 2621-8097
Komariyah. (2010).
Listiyani, I. M., & Widayati, A. (2012). Pengembangan komik sebagai media pembelajaran akuntansi pada kompetensi dasar persamaan dasar akuntansi untuk siswa SMA kelas XI. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10 (2), 80–94. https://doi.org/10.21831/jpai.v10i2.914
Septiani, V. N., & Pustikaningsih, A. (2018). Pengembangan roll spin accounting sebagai media pembelajaran akuntansi pada kompetensi dasar jurnal penyesuaian untuk kelas X akuntansi di SMK koperasi tahun ajaran 2017/2018. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 7 (5).
Ulya, I. A. (2019). Pengembangan media pembelajaran game spinning wheel berbasis model 4d pada materi pelajaran alat panca indera manusia kelas v di sekolah dasar. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Winarno. (2013). Pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. Jakarta: Bumi Aksara.
Wiratmojo,P dan Sasonohardjo (2002). Media pembelajaran bahan ajar diklat kewidyaiswaraan berjenjang tingkat pertama, lembaga administrasi negara.
Wulandari, D. (2019). Pengembangan media pembelajaran permainan roda keberuntungan untuk meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran tematik kelas IV madrasah ibtidaiyah negeri 4 muaro jambi [universitas islam negeri sulthan thaha saifuddin jambi]. http://repository.uinjambi.ac.id/1253/
Published
2023-07-03
How to Cite
Khasanah, I., Anggraeni, N. N. H., & Chotimah, U. (2023). Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VII.2 dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila melalui Penggunaan Media Quizizz Paper Mode di-SMPN 33 Palembang. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 765-770. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.349