Implementasi Model Pembelajaran Team Game Tournament untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas V SD Negeri 1 Bareng

  • Rizqi Nur Yahya Universitas PGRI Madiun
  • Sanusi Sanusi Universitas PGRI Madiun
  • Hartutik Lilik Suprihatin SDN 1 Bareng
Keywords: Model Pembelajaran, Team Game Tournament (TGT), Berpikir Kreatif

Abstract

Berdasarkan kegiatan observasi yang dilakukan dijumpai peserta didik yang pasif dan hanya menderngarkan penjelasan dari guru. Kurangnya antusias peserta didik dalam pembelajaran, hal lain terdapat dilihat dari soal yang diberikan kurangnya kemampuan pengembangan jawaban pada soal uraian, kurangnya analisa dalam pemahaman soal. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan analisis kualitatif dan kuantifatif. Penelitian ini juga berkolaborasi dengan guru kelas V berperan sebagai observer. Subjek pada penelitian ini kelas V SD Negeri 1 Bareng Kabupaten Ponorogo dengan jumlah 10 peserta didik terdiri dari 4 perempuan dan 6 laki-laki. Penelitian ini dilakukan dengan dengan dua siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dikatakan berhasil apabila apabila rata-rata nilai peserta didik mencapai KKM 75 pada posttest sebanyak 80%. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Penelitian bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) kelas V SD Negeri 1 Bareng Kabupaten Ponorogo dan diukur melalui masing-masing indikator berpikir kreatif (fluency, flexybility, originality dan elaboration. Nilai ketuntasan pra siklus 30%, pada siklus I 30% dan pada siklus II 80%. Ketercapaian indikator berpikir kreatif pada siklus I berpikir lancar 76% pada siklus II 90%. Berpikir luwes 70% dan siklus II memperoleh sebesar 90%. Berpikir orisinal siklus I 52% dan siklus II 78%. Berpikir elaborasi siklus I 54% dan siklus II 84%.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, M., & dkk. (2013). Model dan Matode Pembelajaran di Sekolah. UNISSULA PRESS.
Arikunto, S., & dkk. (2015). Penelitian Tidakan Kelas. PT Bumi Aksara.
Asyafah, A. (2020). Menimbang Model Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam. TARBAWI: Indonesian Journal of Islamic Education, 6(2), 22.
Bahagiani, I., & dkk. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. PEDADIDAKTIKA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, 4(1), 196–205.
Fitrianawati, M., & H. Hartono. (2016). Perbandingan Keefektifan PBL Berseting TGT Dan di Ditinjau Dari Prestasi Belajar, Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Toleransi. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 56.
Gunawan, I., & dkk. (2014). Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kritis dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Konsep Sains II Prodi PGSD IKIP Madiun. Premiere Educandum, 4(1).
Hamdani. (2010). Strategi Belajar Mengajar. CV Pustaka Setia.
Hasannudin. (2017). Biopsikologi Pembelajaran. Syiah Kuala University Press.
Helmiati. (2012). Model Pembelajaran. Aswaja Pressindo.
Hidayah, N. (2015). Mengasah Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif. Nur Hidayah, “Mengasah Keterampilan Berpikir Kritisn dan Kreatife,” Porsiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling.
Kumala, N. F. (2016). Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Ediide Infografika.
Mirdad, J. (2020). Jamal Mirdad, “Model-Model Pembelajaran (Empat Rumpun Model Pembelajaran). Indonesia Jurnal Sakinah, 2(1), 15.
Nyoman, S. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Tgt Untuk Meningkatkan Hasil Belajar, Partisipasi, Dan Sikap Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 48(1), 45–43.
Octavia, S. A. (2020). Model-Model Pembelajaran. Deepublish.
Purnama, I. S., & dkk. (2017). Purnama Indah Sari, dkk, “Creative Problem Solving: Bagaimana Pengaruhnya Terhadap Kreatifias Siswa. Jurnal Elemen, 3(1).
Putri, H. E., & dkk. (2020). Kemampuan-Kemampuan Matematis Dan Pengembangan Instrumennya. UPI Sumedang Press.
Rahman, M., & Amri, S. (2013). Stategi Dan Desain Pengembangan Sistem Pemnbelajaran. Presasi Pustaka.
Sani, A. R. (2019). Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill). Tima Smart.
Umar, M. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Team Game Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris. Edutrained: Jurnal Pendidikan dan Pelatihan, 5(2).
Published
2023-07-14
How to Cite
Yahya, R. N., Sanusi, S., & Suprihatin, H. L. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Team Game Tournament untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas V SD Negeri 1 Bareng. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 945-954. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.375